Kamis, 30 Juni 2022

Pemasaran Buku

 


Pertemuan         : 19

Hari/ Tanggal     : Rabu, 29 Juni 2022

Narasumber        : Agus Subardana

Moderator           : Sigid Purwo Nugroho


Lagi-lagi diriku tidak bisa fokus mengikuti kelas, dikarenakan sedang dalam perjalanan. Nah, keesokan harinya lah aku bergegas menulis resume ini. Tak ingin menunggu lama, dengan semangat membara. Resume harus tercapai target, eaaa. Mantapkan?


Moderator Pak Sigid membuka kelas seperti biasanya memberitahukan mengenai tata urutan  pelaksanaan kelas. Next, biodata narasumber.


Pak Agust Subardana , S.E., M.M adalah seorang pegiat literasi yang menjabat sebagai Direktur Marketing Penerbit Andi Offset di Penerbit Andi telah bekerja selama 18 tahun. Wah, lama sekali udahan ya.  Lulusan manajemen pemasaran ini  bahkan pernah menjadi dosen selama 4 tahun di STIE Mandala Jakarta. Bisa dihubungi dengan nomor kontak personya 08112936680.


Sangat banyak kategori yang diterbitkan oleh penerbit Andi Offset. 30-60 judul buku bisa diterbitkan dalam jangka waktu satu bulannya.


Beliau juga bercerita bagaimana masa pandemi dulu berdampak pada dunia penerbitan. Sempat terguncang, penurunan omset hingga 60 persen. Tim marketer penerbit Andi yang bahkan door to door ke sekolah-sekolah bahkan macet total.  Pasca itu terlewati dan saat ini berusaha bangkit kembali.


Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokkan menjadi kategori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak kategori produk yaitu ada 32 kategori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).


Dari jenis – jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis .  Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :


1. Faktor Mikro yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.


2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonomi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.

Strategi bisa juga dengan secara on-line dan off-line

Lebih rinci yaitu : 

A. Strategi secara ON-LINE 

1. Pentingnya Transformasi Digital 

Dampak dari pandemi COVID-19 telah mengubah dunia menuju era Low Touch Economy. Era ini ditandai dengan interaksi antar individu yang minim sentuhan fisik atau low-touch, keharusan mengecek kesehatan dan keselamatan, perilaku yang baru hingga pergeseran di sektor-sektor industri., terutama sektor Industri Perbukuan. Perubahan ini tentu akan berdampak ke banyak hal, mulai dari tempat bekerja, Cara belajar – mengajar ,  kehidupan keluarga hingga aktivitas sosial. Strateginya yang utama yang kita pakai adalah Digital Marketing dalam melakukan transformasi mendasar pada bisnis penerbitan buku . Digital mareketing memiliki kelebihan yaitu, murah meriah, jangkauan luas, mudah menentukan target pasar, buku bisa sesuai kategori, mudah berkomunikasi dengan konsumen, lebih cepat ke sasaran, populer, evaluasi mudah dan dikembangkan, sangat membantu menaikkan omzet.


Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus terus proaktive untuk terus promosi , supaya kita dapat :

- Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial 

- Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada sehingga kesetiaan konsumen terjaga.

- Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu

- Menaikan penjualan dan profit 

- Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing 

- Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan 

- Mengubah tingkah laku ( yang kurang minat beli , menjadikan tertarik beli ) , persepsi dan pendapat konsumen.

Bahkan bekerja sama dengan market place dan membentuk tim reseller.


2. Pemasaran Buku Lewat Komunitas

Kita tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas  akan lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.Lebih persuasif lewat chat, telpon langsung, bahkan nge-zoom, webinar, live di Yt dengan menawarkan tema yan menarik, dan harus konsisten.


B. Strategi pemasaran OF LINE 

Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunyai 90 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.


Strategi pemasaran buku of-line ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :

1. Toko Buku 

Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka  kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.


Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :

- Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .

- Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner

- Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.

- Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan,  Program TAB, Program TAM , dll )

- Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut yaitu melalui Kepala Toko nya dan Supervisor .

Pemetaan jenis toko buku harus dipetakan karena memiliki karakteristik yang berbeda.


Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.


Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :

- Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .

- Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner

- Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.

- Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan,  Program TAB, Program TAM , dll )

- Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut yaitu melalui Kepala Toko nya dan Supervisor .

2.  Directselling 

Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :

- Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).

- Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kuliah

- Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum

Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) di setiap wilayah Kota dan Kabupaten. 

Kami Penerbit ANDI Offset mempunyai 96 Cabang di Indonesia dari Aceh s.d Jayapura. Mantap, banyak kali, ya.


Demikian, materi yang disampaikan mengenai Strategi pemasaran buku secara singkat, dan  padat dan jelas, sebenarnya masih banyak lagi strategi pemasaran buku yang terus berkembang. Akhir kata atau kalimat penutup dari narasumber adalah  sebagai “Tenaga pemasaran buku sangat bangga sebagai ujung tombak dalam menyebarluaskan karya – karya tulisan ilmu pengetahuan yang sangat berdampak sekali melalui jalur non formal ikut serta dalam  menceraskan kehidupan bangsa Indonesia”.


Memasuki sesi tanya jawab dapat saya tulis diantaranya yaitu : 


1. Perhitungan jika menerbitkan buku hanya 25 buku saja, hitungannya bagaimana? Penerbit Andi tidak menerima jika hanya 25 eksp saja.


2. Paling penting pertimbangan dalam pemasaran adalah tentang target pasar jenis buku yang ditulis, potensi pasar. Pemasaran mempengaruhi nilai pelanggan adalah berkombinasi, terutama nanti  mengacu pada kualitas, pelayanan dan harga harus dilihat dari sisi pelanggan. Pemasaran digital lebih disenangi sesuai dengan perkembangan zaman saat ini yang serba dalam jaringan. Cepat dan menjanjikan. Perusahaan sangat praktis dan terintegrasi maka yang dilakukan adalah komunikasi dari segala aspek. Tim berkomunikasi dengan target kunjungan ke berbagai, toko, sekolah bahkan ke perguruan harus ada laporan setiap harinys.


3. Menentuka penerbit apakah harus sesuai dengan genrenya, maka  harus tahu latar belakang penerbitnya, bisa lihat jejaknya di websitenya mungkin. Royalti sesuai dengan kontrak di awal. Royalti berjangka  6- 1 tahun dan berkisar antara 5-10 %.


4. Pemasaran dengan kaitan faktor makro tentu sangat terpengaruh, keamanan, kenyamatan, kesehatan global, contohnya kemarin kan corona melanda, dan itu sangat mempengaruhi pemasaran.


Demikianlah, hasil resume yang dapat saya tuliskan mengenai pemasaran buku. ilmu yang sangat bermanfaat dan menjadi lebih tahu mengenai dunia pemasaran buku, tenyata begitu/


TERIMA KASIH seluas galaksi deh, kami haturkan kepada semua para agency penyalur ilmu dengan IKHLAS memberi. Semoga menjadi amal jariyah, pahala yang terus mengalir, modal untuk kita bawa kelak. 



2 komentar:

Wanita dan Skincare

  Skincare diambil dari Bahasa Inggris yang artinya skin artinya kulit sedangkan care artinya peduli jadilah skincare   adalah berbagai   ...