Rabu, 03 Mei 2023

Wanita dan Skincare


 


Skincare diambil dari Bahasa Inggris yang artinya skin artinya kulit sedangkan care artinya peduli jadilah skincare  adalah berbagai  perawatan wajah dengan berbagai produk tertentu

Tak dapat dipungkiri setiap wanita ingin terlihat cantik dan menarik. Penampilan yang diinginkan ini tentunya membutuhkan modal. Bahkan untuk biaya perawatan serta kecantikkan ini tidaklah murah. Seseorang yang memiliki dana, okelah ya. Tetapi bagi sebagian yang masih mengutamakan perut dan kebutuhan lainya harus berpikir dua kali dan hanya bisa angan semata.

Mereka yang glowing, bening, good looking katanya, memang membuat nganan, eh, ngiri maksudnya. Nah, mungkin kita bisa mencoba skincare yang terjangkau dengan kita. Saat ini begitu banyak kosmetik yang beredar. Memang sih, ada harga ada kualitas. Cuma, kita mungkin bisa saja memahami skincare itu sendiri apa saja. Ada basic skincare dan pendukung lainnya.

Sering kita tergiur dengan iklan atau wajah rekan kita yang langsung memesona karena menggunakan produk tertentu. Kita pun bertanya, apa yang ia pakai, berapa harganya, lalu ikut-ikutan. Nah, tidak begitu Markonah, tidak. Kondisi kulit setiap personal itu berbeda maka yang dipakai juga seharusnya berbeda.  Terus, ada tata caranya jangan asal pakai begitu saja. Wajah yang seiring usia terkontaminasi dengan polusi, oksidasi, debu kotoran, sel kulit mati menimbulkan berbagai masalah. Jerawat, brutusan, komedo, flek hitam, warna kulit tidak merata, kusam, kerutan dan garis halus, milia, melisma, dan banyaklah istilah medis namanya itu pokoknya. Jadi intinya setiap kulit berbeda masalah, beda juga. Misalnya bahan kandungannya nih, sekilas aja ya, nggak detail kali, karena bukan keahlian penulis juga nih ngebahas ini, hehehe, maklumin ya.

 

1. Retinol

Manfaatnya sangat banyak diantaranya yaitu untuk mencegah serta menyamarkan jerawat dan noda, mengurangi gejala penuaan seperti garis halus, bintik hitam dan keriput dan mengecilkan pori-pori. Retinol ini sebenarnya vitamin A dan dengan dosis rendah yang bisa dikemas dalam bentuk krim, serum, gel,lotion, maupun salep.

Cara menggunakannya harus tes alergi terlebih dahulu, takutnya ada reaksi negative yang muncul. Misalnya kemerahan, ruam, gatal , maka segera hentikan pemakaian.

Selanjutnya jangan digunakan terlalu sering, harus bertahap dari awal penggunaan hingga jika sudah sesuai. 2-3 kali seminggu, mungkin awalnya hanya sekali perhari menjadi dua kali sehari. Hasilnya akan kelihatan sekitar 3 hingga 6 bulan ke depan.

 

2. Niacinamide

Bentukkannya bisa serum, krim atau toner. Berupa vitamin B3 yang membantu regenerasi sel, melembapkan kulit, mengatasi peradangan, mengurangi produksi minyak dan jerawat, menyamarkan kerutan dan mencegah penuaan dini. Aman digunakan dengan syarat ada ketentuannya yaitu konsentrasi hanya di bawah 5%.Efek samping kadang kulit sensitive akan kemerah-merahan.

 

3. AHA atau Asam Alfa Hidroksi Acid

Bisa dalam kandungan pelembap, pembersih, toner, maupun masker wajah. Cocok untuk kulit kering, berkeriput dan berjerawat dan setelah itu melakukan pengelupasan kulit. Manfaatnya meremajakan kulit, efek mencerahkan, mencegah dan membersihkan komedo dan melawan tanda-tanda penuaan bisa juga mencegah dan mengatasi jerawat, menghaluskan kulit, mengurangi kadar minyak, meningkatkan efektivitas produk perawatan kulit lainnya. Amanya digunakan dengan tingkat konsentrasi hanya 10 % usahakan jangan sering hanya 2 kali seminggu. Jika pun ingin setiap hari maka hanya 5% saja yang dianjurkan. Jangan lupa lapis dengan sunscreen jika memakai bahan dasar AHA ini, awal pemakaian terkadang ada penyesuaian terlebih dahulu.

 

4. BHA atau Beta Hydroxy Acid

Hampir sama dengan AHA cuma BHA mengandung pelembap dan sangat cocok untuk kulit yang sangat berminyak karena bersifat mengeringkan. Jika anda berjerawat disarankan sekitar 0,5-5% jangan melebihi rentang tersebut karena akan iritasi.

 

5. PHA atau Polyhydroxy Acid   

Fungsinya mengelupaskan kulit mati dan meratakan warna kulit, aman dan jarang menimbulkan iritasi, tidak sensitif dengan sinar matahari.

 

Pokoknya kenali kandungannya, turunan serta cara pemakaiannya ya, mana yang boleh barengan mana yang tak boleh. Ada lagi tuh rupanya mereka nggak boleh samaan makenya dengan vitamin C atau yang lainnya deh.

 

6. Sunscreen

Nah ini wajib nih, pelindung alias tameng dari sinar UVA atau yang UVB  matahari. Melindungi dari kerusakan  seperti terbakar sinar matahari, keriput, hiperpigmentasi, dan resiko kanker kulit. Ada SPF nya lagi tuh namanya atau  Sun Protection Factor. Pernah lihatkan ada 30+ ada juga 50+ kode di kemasannya.  Pemakaiannya harus tiap hari dan diulang-ulang. Anehnya juga meskipun kita beraktivitas di dalam ruangan harus pakai, nah lo.  Ya itu tadi kamu pilih SPF 30+ untuk di ruangan yang 50+ di luar ruangan. Ada juga infonya di video rang orang memakainya harus banyaknya sepanjang ruas dua jari kita itu. Satu ruas untuk sebelah muka, satu lagi untuk sebelahnya. Sebelum itu jangan lupa juga nih basic skincare lainnya di pakai yaitu CLEANCER, TONER, SERUM, MOISTUURIZER barulah SUNSCREEN ini nih.

Ada cerita sedikit nih, terinspirasi dari pengalaman si suami. POV suami nih la ya. Judulnya Make-Up

 

Make-Up

------------------

Sabtu Minggu ini kami ke luar kota. Ke tempat salah satu kerabat keluarga yang akan mengadakan hajatan pesta anak keponakannya. Untung saja pas dengan weekend jadinya kami bisa memenuhi undangan tersebut.

Pagi-pagi sudah bersiap, acara berlangsung dua hari. Kami tentunya akan menginap satu malam. Sebelum bertolak aku memanaskan mobil.

Sambil menunggu si ibunya anak-anak masih dandan. Anak-anak telah disiapkannya sejak awal tadi.

 

"Kakak, tas ranselnya bawa gih, ke mobil, Adek dah nunggu di mobil tuh, kawanin," titahku pada si sulung ketika melewati kamarnya.

 

Aku duduk di sofa sembari berselancar di medsos.

 

"Tas kita dah masuk mobil?" tanya istriku melongok dari pintu kamar.

 

"Udah semua, buruan, dah jam berapa ini?" jawabku.

 

"Bagus nggak pakai baju ini?" Aku mengangkat wajah. Kini tiba-tiba wanita yang sudah kunikahi dua belas tahun silam itu berdiri di depanku. Berputar-putar seperti anak muda saja. Padahal udah mak-mak.

 

"Bagus." Aku kembali menunduk menatap layar ponsel.

 

"Kelihatan gemuk nggak?"

 

"Nggak."

 

"Abang bohong, jujur ajalah!"cecarnya lagi.

 

"Iya, perutnya agak ngecetak gitu, ngepas kali bajunya," komentarku.

 

"Abang!"sungutnya lagi. Bibirnya yang merah menyala itu maju beberapa senti.

Bohong salah, jujur salah. Hadeh, gimana lah yang pas memberi jawaban pada perempuan.

 

"Buruanlah!"Aku mendesaknya mengalihkan perbincangan yang pastinya akan panjang nantinya.

 

"Pa, Ma, yoklah!" Suara anak kedua kami yang berusia lima tahun memanggil dari arah garasi.

Si istri masuk ke kamar kembali berdandan. Sekian menit sekian detik berlalu. Aku melirik jam tangan di pergelangan kiri dan bergeleng kepala. Sudah bosan juga lama-lama melihat hape. Selanjutnya memasukkan ke kantong dan berdiri.

 

"Yok!" Mamanya si anak-anak siap dan berlalu melewati menuju keluar rumah.

Aku berkeliling rumah kembali memastikan mengecek jendela dan pintu, mematikan lampu-lampu yang masih menyala.

 

"Pa, lupa, ambilkan tas make-up mama di atas ranjang, Pa!" teriaknya dari pintu.

 

"Ya," jawabku. Masuk ke kamar dan melihat kotak persegi berwarna hitam dengan jinjingan pegangan berwarna putih.

Setelah sampai ke mobil memberikan kepadanya.

 

"Berat, tasnya, kita nginap cuma semalam lo, Ma?" Protesku.

Soalnya dari tas pakaian juga begitu, penuh dan berat.

 

"Bang, itu ya, tak tahu ya itu tas make up, isinya lengkap. Laki-laki kalau ngelihat cewek cantik aja jelalatan. Tampilannya paripurnalah. Nanti dibanding-bandingkan sama biniknya yang tak bisa dandanlah katanya. Lagian kalau mama dandan kan harusnya abang tu bangga jugalah punya istri pandai begaya." jawabnya sambil memasang sabuk pengaman.

 

"Kan, cuma sehari,"balasku pelan.

 

"Make up itu ya, mau tahu Abang, sini, biar dijelaskan ya, pertama itu ada sabun pembersih mukanya foam namanya, toner, essence, serum, pelembab, sunscren, primer, countur, consealer, shadow, bedak tabur, bedak padat lengkap sama spongenya. Terus penjepit bulu mata, maskara, eyeliner, lipstik, shine bibir untuk ombre tambah face mist-nya untuk semprot-semprot biar make up tahan lama. Nah belum lagi, jangan lupa pembersih wajah dan kapasnya agar sisa riasan itu tidak meninggalkan kotoran pada wajah. Ngerti, Bang?" Kali ini jawaban panjang kali lebar kali tinggi kek mau ngitung rumus volume.

 

Aku hanya diam, memutar stir berbelok ke jalan besar. Lalu turun untuk mengunci pintu pagar.

Setelah beberapa langkah. Dalam hati aku mengerutu dan menyesali menegur tasnya tadi.

~

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Wanita dan Skincare

  Skincare diambil dari Bahasa Inggris yang artinya skin artinya kulit sedangkan care artinya peduli jadilah skincare   adalah berbagai   ...